15 Agustus 2009

Download Alexa bukan Ranking Alexa

Begitu Alexa update pada hari Sabtu pagi kemarin dan melihat ranking blog ini sudah terpangkas hingga lebih dari 50%, sebetulnya saya semangat sekali untuk membuat posting tentang Alexa. Hitung-hitung menjalankan salah satu tips untuk menaikkan ranking Alexa, yakni membuat posting Alexa, yang sejatinya bukan posting itu yang mempengaruhi ranking Alexa, tapi aliran trafik dari pengunjung yang sedang mencari tips, cara-cara ataupun langkah-langkah untuk menaikkan ranking Alexa.

Sayangnya saya masih sulit untuk konsentrasi mengurus blog ini, apalagi untuk konsisten membuat satu tulisan setiap hari :) . Karena memang diniatkan untuk mencari trafik dari pengunjung yang mencari tips seputar Alexa, maka sekalian belajar mempraktekkan tips yang banyak ditulis para master, saya pun mengunjungi Google trends untuk mendapatkan keyword yang tepat yang berhubungan dengan Alexa rank.

Pertama, saya coba masukkan keyword “Alexa” untuk melihat seberapa trend keyword ini dipakai di Google search engine. Hasilnya membuat saya cukup heran, karena meskipun sering di bahas di jagad blogosphere, ternyata volume pencarian “Alexa” tidak cukup banyak pada grafik yang tampil. Indonesia bahkan menempati posisi pertama sebagai negara yang paling interest dengan Alexa, jangan-jangan hanya blogger lokal kita aja yang suka berburu ranking Alexa :) .

Karena Indonesia yang menempati urutan pertama dan lagi pula blog ini berbahasa Indonesia, maka filter region pun saya persempit untuk wilayah Indonesia saja. Selanjutnya saya mencari tahu tingkat popularitas antara “alexa rank” dan “ranking alexa”. Anda tahu hasilnya? Sungguh mengejutkan karena Google trends tidak menampilkan grafik dan hanya menjawab singkat:

Web Search Volume: alexa rank vs. ranking alexa

Indonesia, 2004 - present
Not enough search volume to show graphs.

Apakah ini juga mengejutkan Anda? Padahal range pencarian sudah saya panjangkan dimulai dari tahun 2004. Tidak menyerah sampai di sini, saya lihat search terms related to alexa yang ditampilkan Google sebelumnya, dan saya dapati ”download Alexa” di antaranya.

Kemudian saya coba bandingkan popularitas keyword alexa rank dengan download alexa, dan inilah grafik yang ditampilkan oleh Google trends :

Jadi tingginya interest Alexa yang berasal dari Indonesia itu bukan berkaitan dengan sistem perankingan yang dilakukan oleh Alexa, melainkan tentang download alexa, download lagu alexa, download mp3 alexa dan segenap kata kunci turunannya :) .

Rupanya tips menaikkan Alexa rank, cara meningkatakan ranking Alexa, langkah cepat menurunkan Alexa rank, bukanlah keyword yang populer.

Bagamana pendapat Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey Visitor Where Do You Come From ?


Apa Yang Ingin Anda Cari ???

Gtalk (Google Talk )