15 Agustus 2009

Tips Menaikkan Ranking Alexa

Begitu kita membuat blog, meski tidak untuk tujuan mencari uang (moneyblog) tetap saja kita tertarik untuk memperhatikan parameter yang sering digunakan dan dikaitkan dengan urusan blogging, seperti ranking Alexa, Google pagerank, trafik dan sebagainya. Barangkali sebagian Anda tidak setuju, silakan saja :D Namun bila Anda tertarik, langkah-langkah standar dan mudah berikut ini sudah banyak terbukti membantu meningkatkan Alexa rank:

1. Pasang Alexa Widget
Dengan memasang widget Alexa berarti Anda telah memasukkan blog Anda dalam database Alexa sehingga setiap pengunjung blog Anda akan tercatat melalui javascript widget tersebut. Ini merupakan cara paling penting namun mudah dilakukan, cukup copy paste script yang bisa kita download dari situs Alexa. Anda bisa klik link di bawah ini untuk mendapatkan script tersebut.

2. Pasang Alexa Toolbar
Fungsi dari Alexa toolbar ini adalah untuk menghimpun data dari pengguna toolbar tersebut tentang halaman apa saja yang diakses. Jadi bila Anda memasang toolbar ini dan menjadikan blog/website Anda sebagai homepage dari browser yang Anda pakai, tentunya akan sangat membantu dalam meningkatkan ranking Alexa.

Prinsip kerjanya bukan hanya blog atau website Anda saja, melainkan setiap website yang dikunjungi oleh browser yang terinstall toolbar ini. Tapi, bukankah blog/website Anda sendiri yang sering Anda kunjungi :) .

Toolbar Alexa ini dibedakan untuk browser Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Silakan klik link di bawah ini sesuai browser yang Anda gunakan.

FireFox:

Internet Explorer:

3. Tingkatkan Trafik Pengunjung
Pada dasarnya inilah fungsi dari Alexa rank, untuk meranking blog/website berdasarkan pengunjung atau popularitas suatu website. Semakin banyak pengunjung suatu wesite maka peringkat Alexa-nya pun semakin baik.

4. Buat Posting Tentang Alexa
Sebenarnya hal ini lebih ke arah poin no. 3, yakni meningkatkan pengunjung, karena seperti kita tahu banyak blogger yang tertarik tentang Alexa rank ini, termasuk di dalamnya tips dan cara-cara untuk menaikkan ranking Alexa. Jadi dengan posting tentang Alexa diharapkan akan mendapatkan aliran trafik ke website atau blog yang membahas Alexa.

Saya kira dengan cara-cara di atas sudah cukup untuk meningkatkan ranking Alexa blog Anda. Hal ini sudah terbukti pada salah satu blog saya yang baru berumur dua bulan, update Alexa pagi ini sudah tembus angka 200.900 padahal blog tersebut baru mempunyai 19 posting dan hanya 15 unique visitor rata-rata per harinya :) .

Padahal saya tidak menggunakan “boost” untuk membantu menaikkan Alexa rank saya. Koq bisa? Mudah-mudahan lain waktu saya bisa membahasnya, sekalian sebagai langkah poin no. 4, posting tentang Alexa :) .

Jadi bagaimana menurut Anda?

1 komentar:

  1. coba deh siapa tau sukses, dah lama peringkatnya nggak naek-naek masih diatas 6jutaan

    BalasHapus

Hey Visitor Where Do You Come From ?


Apa Yang Ingin Anda Cari ???

Gtalk (Google Talk )