8 Agustus 2009

Syarat-Syarat Layanan Google Adsense

Selamat Datang di Google!

1. Hubungan Anda dengan Google

1.1 Penggunaan produk, piranti lunak, layanan dan situs web Google oleh Anda (dalam dokumen ini secara keseluruhan disebut “Layanan” dan tidak termasuk setiap layanan yang disediakan kepada Anda oleh Google berdasarkan perjanjian tertulis terpisah) tunduk pada syarat-syarat perjanjian yang sah antara Anda dan Google. “Google” berarti Google Inc., yang berkantor pusat di 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, CA 94043, Amerika Serikat. Dokumen ini menjelaskan pembuatan perjanjian dan menetapkan sebagian dari syarat-syarat perjanjian tersebut.

1.2 Kecuali disepakati lain secara tertulis dengan Google, perjanjian Anda dengan Google selalu minimal mencakup syarat-syarat dan ketentuan yang ditetapkan dalam dokumen ini. Di bawah disebut sebagai “Syarat-Syarat Universal”.

1.3 Perjanjian Anda dengan Google juga mencakup syarat-syarat dari setiap Pemberitahuan Yang Sah yang berlaku untuk Layanan disamping Syarat-Syarat Universal. Semua ini di bawah disebut sebagai “Syarat-Syarat Tambahan”. Apabila Syarat-Syarat Tambahan berlaku untuk suatu Layanan, maka syarat-syarat ini dapat diakses untuk dibaca oleh Anda di dalam atau melalui penggunaan Layanan tersebut oleh Anda.

1.4 Syarat-Syarat Universal bersama Syarat-Syarat Tambahan membentuk perjanjian yang mengikat secara hukum antara Anda dan Google terkait dengan penggunaan Layanan oleh Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu menyediakan waktu untuk membacanya secara seksama. Secara keseluruhan, perjanjian yang sah ini di bawah disebut sebagai “Syarat-Syarat”.

1.5 Apabila apa yang ditetapkan oleh Syarat-Syarat Tambahan dan apa yang ditetapkan oleh Syarat-Syarat Universal ada perbedaan, maka yang diutamakan terkait dengan Layanan tersebut adalah Syarat-Syarat Tambahan.

2. Menyetujui Syarat-Syarat

2.1 Agar dapat menggunakan Layanan, pertama-tama Anda harus memberi kata sepakat atas Syarat-Syarat. Anda tidak boleh menggunakan Layanan apabila Anda tidak setuju dengan Syarat-Syarat.

2.2 Anda dapat menyetujui Syarat-Syarat dengan:

(a) mengklik untuk menyetujui atau memberi kata sepakat atas Syarat-syarat, dimana pilihan ini disediakan untuk Anda oleh Goggle dalam antarmuka pengguna untuk setiap Layanan; atau

(b) dengan menggunakan Layanan. Dalam hal ini, Anda telah memahami dan sepakat bahwa Goggle akan menganggap penggunaan Layanan oleh Anda sebagai persetujuan Anda atas Syarat-Syarat sejak tahap itu ke depan.

2.3 Anda tidak boleh menggunakan Layanan dan tidak boleh menyetujui Syarat-Syarat apabila (a) Anda belum cukup umur secara hukum untuk mengadakan kontrak yang mengikat dengan Google, atau (b) Anda adalah orang yang dilarang menerima Layanan berdasarkan undang-undang Amerika Serikat atau negara lain termasuk negara dimana Anda berdiam atau dari mana Anda menggunakan Layanan.

2.4 Sebelum Anda melanjutkan, Anda harus mencetak atau menyimpan salinan setempat dari Syarat-Syarat Universal untuk catatan Anda.

3. Bahasa Syarat-Syarat

3.1 Bilamana Goggle telah memberikan kepada Anda terjemahan Syarat-Syarat versi bahasa Inggris, berarti Anda sepakat bahwa terjemahan diberikan hanya untuk memudahkan Anda dan bahwa yang mengatur hubungan Anda dengan Google adalah Syarat-Syarat versi bahasa Inggris.

3.2 Apabila apa yang ditetapkan oleh Syarat-Syarat versi bahasa Inggris dan apa yang ditetapkan oleh terjemahannya berbeda, maka yang berlaku adalah versi bahasa Inggris.

4. Penyediaan Layanan oleh Google

4.1 Google memiliki anak perusahaan dan badan hukum terafiliasi di seluruh dunia (“Anak Perusahaan dan Afiliasi”). Dari waktu ke waktu, perusahaan-perusahaan tersebut akan menyediakan Layanan kepada Anda atas nama Google itu sendiri. Anda mengakui dan sepakat bahwa Anak Perusahaan dan Afiliasi berhak menyediakan Layanan kepada Anda.

4.2 Google terus-menerus melakukan inovasi agar dapat memberikan pengalaman yang sebaik mungkin untuk penggunanya. Anda mengakui dan sepakat bahwa bentuk dan sifat dari Layanan yang disediakan oleh Google dari waktu ke waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda.

4.3 Sebagai bagian dari inovasi yang berkelanjutan ini, Anda mengakui dan sepakat bahwa Google dapat menghentikan (secara permanen atau untuk sementara waktu) penyediaan Layanan (atau suatu fitur di dalam Layanan) kepada Anda atau pengguna pada umumnya atas dasar kebijaksanaan mutlak Google tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Anda. Anda dapat menghentikan penggunaan Layanan kapan saja. Anda tidak perlu memberitahu Google secara khusus apabila Anda menghentikan penggunaan Layanan.

4.4 Anda mengakui dan sepakat bahwa apabila Google mematikan akses ke account (rekening) Anda, berarti Anda tidak diperbolehkan mengakses Layanan, rincian account Anda atau setiap file atau Isi lain yang terkandung dalam account Anda.

4.5 Anda mengakui dan sepakat bahwa sementara Google saat ini mungkin belum menetapkan batas atas tetap atas jumlah transmisi yang dapat Anda kirim atau terima melalui Layanan atau atas jumlah ruang penyimpanan yang digunakan untuk penyediaan Layanan apapun, batas atas tetap tersebut setiap saat dapat ditetapkan oleh Google atas kebijaksanaan Google.

5. Penggunaan Layanan oleh Anda

5.1 Untuk mengakses Layanan tertentu, Anda dapat diminta memberikan informasi mengenai diri Anda (seperti identifikasi atau rincian kontak) sebagai bagian dari proses pendaftaran untuk Layanan atau sebagai bagian dari penggunaan Layanan secara berkelanjutan oleh Anda. Anda sepakat bahwa setiap informasi pendaftaran yang Anda berikan kepada Google selalu tepat, benar dan terkini.

5.2 Anda sepakat untuk menggunakan Layanan hanya untuk tujuan yang diijinkan oleh (a) Syarat-Syarat dan (b) setiap hukum, peraturan atau praktek atau panduan yang diterima secara umum yang berlaku dalam yurisdiksi yang berwenang (termasuk setiap undang-undang berkenaan dengan ekspor data atau piranti lunak ke dan dari Amerika Serikat atau negara lain yang bersangkutan).

5.3 Anda sepakat untuk tidak mengakses (atau berupaya mengakses) suatu Layanan melalui sarana selain dari melalui antarmuka yang disediakan oleh Google, kecuali Anda secara khusus diijinkan melakukannya dalam perjanjian terpisah dengan Google.

5.4 Anda sepakat bahwa Anda tidak akan terlibat dalam kegiatan apapun yang mencampuri atau mengganggu Layanan (atau server dan jaringan yang terhubung ke Layanan).

5.5 Kecuali Anda secara khusus diijinkan melakukannya dalam perjanjian terpisah dengan Google, Anda sepakat bahwa Anda tidak akan mereproduksi, menggandakan, menyalin, menjual, memperdagangkan atau menjual kembali Layanan untuk tujuan apapun.

5.6 Anda sepakat bahwa Anda sepenuhnya bertanggung jawab (dan bahwa Google tidak bertanggung jawab kepada Anda atau kepada setiap pihak ketiga) atas setiap pelanggaran terhadap kewajiban Anda berdasarkan Syarat-Syarat dan atas akibat (termasuk setiap kehilangan atau kerugian yang dapat diderita oleh Google) dari pelanggaran tersebut.

6. Password dan keamanan account Anda

6.1 Anda sepakat dan memahami bahwa Anda bertanggung jawab menjaga kerahasiaan password yang terkait dengan setiap account yang Anda gunakan untuk mengakses Layanan.

6.2 Karena itu, Anda sepakat bahwa Anda sepenuhnya bertanggung jawab kepada Google atas seluruh kegiatan yang terjadi berdasarkan account Anda.

6.3 Apabila Anda mengetahui bahwa password atau account Anda digunakan dengan tidak sah, Anda sepakat untuk segera memberitahu Google di http://www.google.com/support/accounts/bin/answer.py?answer=58585&hl=id.

7. Hak pribadi dan informasi pribadi Anda

7.1 Untuk mendapatkan informasi mengenai praktek perlindungan data dari Google, harap membaca kebijakan Google mengenai hak pribadi di http://www.google.co.id/privacy.html. Kebijakan ini menjelaskan bagaimana Google memperlakukan informasi pribadi Anda dan melindungi hak pribadi Anda pada waktu Anda menggunakan Layanan.

7.2 Anda sepakat untuk menggunakan data Anda sesuai kebijakan Google mengenai hak pribadi.

8. Isi dalam Layanan

8.1 Anda memahami bahwa seluruh informasi (seperti file data, teks tertulis, piranti lunak komputer, musik, file audio atau suara lain, foto, video atau gambar lain) yang dapat Anda akses sebagai bagian dari, atau melalui penggunaan, Layanan adalah tanggung jawab mutlak dari orang dari mana Isi tersebut berasal. Seluruh informasi tersebut di bawah ini disebut sebagai “Isi”.

8.2 Anda harus menyadari bahwa Isi yang ditunjukkan kepada Anda sebagai bagian dari Layanan, termasuk, namun tidak terbatas pada, iklan dalam Layanan dan Isi yang disponsori di dalam Layanan dapat dilindungi oleh hak kekayaan intelektual yang dimiliki oleh sponsor atau pemasang iklan yang menyediakan Isi tersebut kepada Google (atau oleh orang atau perusahaan lain atas nama mereka). Anda tidak boleh mengubah, menyewakan, mengontrakan, meminjamkan, menjual, mendistribusikan atau menciptakan karya turunan berdasarkan Isi ini (secara keseluruhan atau sebagian) kecuali Anda secara khusus telah diberitahu bahwa Anda dapat melakukannya oleh Google atau oleh pemilik Isi dalam perjanjian terpisah.

8.3 Google berhak (tetapi tidak berkewajiban) menyaring sebelumnya, mengkaji, menandai (flag), menapis, mengubah, menolak atau meniadakan setiap atau seluruh Isi dari suatu Layanan. Untuk sebagian Layanan, Google dapat menyediakan piranti untuk menapis Isi seks yang eksplisit. Piranti ini mencakup (SafeSearch preference setting) (simak http://www.google.co.id/help/customize.html#safe). Selain itu, terdapat layanan dan piranti lunak yang tersedia di pasar untuk membatasi akses ke materi yang mana Anda dapat merasa keberatan.

8.4 Anda memahami bahwa dengan menggunakan Layanan, Anda dapat terpapar Isi yang menurut Anda ofensif, cabul atau dimana Anda keberatan atasnya dan bahwa, dalam hal ini, Anda menggunakan Layanan dengan resiko yang ditanggung oleh Anda sendiri.

8.5 Anda sepakat bahwa Anda sepenuhnya bertanggung jawab (dan bahwa Google tidak bertanggung jawab kepada Anda atau kepada setiap pihak ketiga) atas setiap Isi yang Anda buat, kirim atau tampilkan pada waktu menggunakan Layanan dan atas akibat dari tindakan Anda tersebut (termasuk kehilangan atau kerugian yang dapat diderita oleh Google).

9. Hak Kepemilikan

9.1 Anda mengakui dan sepakat bahwa Google (atau pemberi lisensi dari Google) memiliki semua hak, hak milik dan kepentingan yang sah atas dan terhadap Layanan, termasuk setiap hak kekayaan intelektual yang berlaku atas Layanan (baik hak tersebut didaftarkan atau tidak, dan dimanapun hak tersebut ada di dunia). Anda lebih lanjut mengakui bahwa Layanan dapat memuat informasi yang ditetapkan bersifat rahasia oleh Google dan bahwa Anda tidak boleh mengungkapkan informasi tersebut tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Google.

9.2 Kecuali Anda telah memberi kesepakatan lain secara tertulis dengan Goggle, tidak ada sesuatu apapun dalam Syarat-Syarat yang memberikan kepada Anda hak untuk menggunakan setiap nama dagang, merek dagang, merek layanan, logo, nama domain, dan fitur merek khas lain dari Google.

9.3 Apabila Anda telah menerima hak yang tegas untuk menggunakan suatu fitur merek tersebut dalam perjanjian tertulis terpisah dengan Google, berarti Anda sepakat bahwa penggunaan fitur tersebut oleh Anda harus memenuhi perjanjian tersebut, setiap ketentuan yang berlaku dari Syarat-Syarat dan panduan penggunaan fitur merek dari Google sebagaimana yang dari waktu ke waktu diperbaharui. Panduan ini dapat dilihat secara online di http://www.google.co.id/permissions/guidelines.html (atau URL lain sebagaimana yang dari waktu ke waktu dapat ditetapkan untuk tujuan ini oleh Google).

9.4 Selain lisensi terbatas yang ditetapkan dalam Bagian 11, Google mengakui dan sepakat bahwa pihaknya tidak memperoleh hak, hak milik atau kepentingan dari Anda (atau pemberi lisensi Anda) berdasarkan Syarat-Syarat ini atas atau terhadap setiap Isi yang Anda ajukan, tempatkan, transmisikan atau tampilkan pada, atau melalui, Layanan, termasuk setiap hak kekayaan intelektual yang ada atas Isi tersebut (baik hak tersebut didaftarkan atau tidak, dan dimanapun di dunia ini hak tersebut berada). Kecuali Anda memberi kata sepakat lain secara tertulis dengan Goggle, Anda sepakat bahwa Anda bertanggung jawab melindungi dan memberlakukan hak-hak tersebut dan Google tidak berkewajiban melakukannya atas nama Anda.

9.5 Anda sepakat bahwa Anda tidak akan meniadakan, mengaburkan, atau mengubah setiap pemberitahuan mengenai hak kepemilikan (termasuk pemberitahuan mengenai hak cipta dan merek dagang) yang dapat dibubuhkan pada atau terkandung dalam Layanan.

9.6 Kecuali Anda secara tegas mendapat wewenang untuk melakukannya secara tertulis dari Google, Anda sepakat bahwa, dalam menggunakan Layanan, Anda tidak akan menggunakan suatu merek dagang, merek layanan, nama dagang, logo suatu perusahaan atau organisasi dengan cara yang mungkin atau yang dimaksudkan untuk menimbulkan kerancuan dalam hal pemilik atau pengguna resmi dari merek, nama atau logo tersebut.

10. Lisensi dari Google

10.1 Google memberikan kepada Anda lisensi pribadi, dalam lingkup internasional, bebas-royalti, yang tidak dapat dialihkan dan non-eksklusif untuk menggunakan piranti lunak yang disediakan kepada Anda oleh Google sebagai bagian dari Layanan sebagaimana yang disediakan kepada Anda oleh Google (di bawah disebut “Piranti Lunak”). Lisensi ini adalah semata-mata agar Anda dapat menggunakan dan menikmati manfaat Layanan yang diberikan oleh Google dengan cara yang diijinkan oleh Syarat-Syarat.

10.2 Anda tidak boleh (dan Anda tidak boleh mengijinkan orang lain) menyalin, memodifikasi, membuat hasil karya turunan dari, merekayasa-balik, mendekompilasi atau dengan cara lain berupaya mengambil kode sumber dari Piranti Lunak atau setiap bagian dari padanya, kecuali hal ini secara tegas diijinkan atau disyaratkan oleh hukum atau kecuali Anda secara khusus diberitahu bahwa Anda dapat berbuat demikian oleh Google secara tertulis.

10.3 Kecuali Google telah memberikan ijin tertulis khusus kepada Anda untuk melakukannya, Anda tidak boleh mengalihkan (atau memberikan sub-lisensi dari) hak Anda untuk menggunakan Piranti Lunak, memberikan hak tanggungan atas atau terhadap hak Anda untuk menggunakan Piranti Lunak, atau dengan cara lain memindahkan suatu bagian dari hak Anda untuk menggunakan Piranti Lunak.

11. Lisensi Isi dari Anda

11.1 Anda memegang hak cipta dan setiap hak lain yang sudah Anda pegang atas Isi yang Anda ajukan, tempatkan atau tampilkan pada atau melalui Layanan. Dengan mengajukan, menempatkan, atau menampilkan Isi, berarti Anda memberikan kepada Google lisensi yang berlaku tetap, tidak dapat ditarik kembali, berlaku dalam lingkup internasional, bebas-royalti dan non-eksklusif untuk mereproduksi, menyesuaikan, memodifikasi, menerjemahkan, mempublikasi, melaksanakan dimuka umum, menampilkan di muka umum dan mendistribusikan setiap Isi yang Anda ajukan, tempatkan atau tampilkan pada atau melalui Layanan. Lisensi ini semata-mata adalah agar Google dapat menampilkan, mendistribusikan dan mempromosikan Layanan dan dapat ditarik kembali untuk Layanan tertentu sebagaimana didefinisikan dalam Syarat-Syarat Tambahan dari Layanan tersebut.

11.2 Anda sepakat bahwa lisensi ini mencakup hak untuk Google menyediakan Isi tersebut kepada perusahaan, organisasi atau individu lain dengan siapa Google memiliki hubungan untuk penyediaan layanan sindikasi dan untuk menggunakan Isi tersebut dalam hubungannya dengan penyediaan layanan tersebut.

11.3 Anda memahami bahwa Google, dalam melaksanakan langkah-langkah teknis yang disyaratkan untuk menyediakan Layanan kepada pengguna kami, dapat (a) mengirim atau mendistribusikan Isi Anda melalui berbagai jaringan publik dan dalam berbagai media; dan (b) mengadakan perubahan atas Isi Anda sebagaimana yang diperlukan agar sesuai dengan dan menyesuaikan Isi tersebut dengan persyaratan teknis jaringan, peralatan, layanan atau media penghubung. Anda sepakat bahwa lisensi ini mengijinkan Google mengambil tindakan tersebut.

11.4 Anda menegaskan dan menjamin kepada Google bahwa Anda memiliki seluruh hak, kuasa dan wewenang yang diperlukan untuk memberikan lisensi di atas.

12. Pembaruan piranti lunak

12.1 Piranti lunak yang Anda gunakan dengan sendirinya dapat men’download’ (mengambil) dan meng’instal’ (memasang) update (pembaruan) dari waktu ke waktu dari Google. Update tersebut dirancang untuk memperbaiki, meningkatkan, dan mengembangkan Layanan lebih lanjut dan dapat berupa perbaikan bug (gangguan), fungsi yang telah ditingkatkan, modul piranti lunak baru dan versi yang sama sekali baru. Anda sepakat untuk menerima update tersebut (dan mengijinkan Google menyerahkannya kepada Anda) sebagai bagian dari penggunaan Layanan oleh Anda.

13. Mengakhiri hubungan Anda dengan Google

13.1 Syarat-Syarat akan tetap berlaku hingga diakhiri oleh Anda atau Google sebagaimana ditetapkan di bawah.

13.2 Apabila Anda ingin mengakhiri perjanjian Anda yang sah dengan Google, Anda dapat melakukannya dengan (a) setiap saat memberitahu Google dan (b) menutup account Anda untuk seluruh Layanan yang Anda gunakan, dimana Google telah menyediakan pilihan ini kepada Anda. Pemberitahuan Anda harus dikirim secara tertulis ke alamat Google yang ditetapkan di awal Syarat-Syarat ini.

13.3 Google setiap saat dapat mengakhiri perjanjian yang sah dari pihaknya dengan Anda apabila:

(a) Anda telah melanggar suatu ketentuan dari Syarat-Syarat (atau telah bertindak dengan cara yang dengan jelas menunjukkan bahwa Anda tidak bermaksud atau tidak dapat memenuhi ketentuan-ketentuan dari Syarat-Syarat); atau

(b) Google diharuskan melakukannya oleh hukum (misalnya apabila penyediaan Layanan kepada Anda tidak sah menurut hukum atau menjadi tidak sah menurut hukum); atau

(c) mitra dengan siapa Google menawarkan Layanan kepada Anda telah mengakhiri hubungannya dengan Google atau tidak lagi menawarkan Layanan kepada Anda; atau

(d) Google sedang dalam proses peralihan untuk tidak lagi menyediakan Layanan kepada pengguna di negara dimana Anda berdiam atau dari mana Anda menggunakan layanan; atau

(e) penyediaan Layanan kepada Anda oleh Google, menurut pendapat Google, tidak lagi dapat diteruskan dari sudut pandang komersial.

13.4 Tidak ada sesuatu apapun dalam Bagian ini yang berpengaruh pada hak Google berkenaan dengan penyediaan Layanan berdasarkan Bagian 4 dari Syarat-Syarat ini.

13.5 Bilamana Syarat-Syarat ini berakhir, maka seluruh hak, kewajiban dan tanggung jawab secara hukum dimana Anda dan Google telah memperolehnya, tunduk pada (atau yang telah bertambah seiring dengan berjalannya waktu dengan berlakunya Syarat-Syarat ini) atau yang ditegaskan untuk dilanjutkan tanpa batas tidak akan terpengaruh oleh pengakhiran tersebut dan ketentuan-ketentuan ayat 20.7 tetap berlaku untuk hak, kewajiban dan tanggung jawab tersebut tanpa batas.

14. PENGECUALIAN JAMINAN

14.1 TIDAK ADA SESUATU APAPUN DALAM SYARAT-SYARAT INI, TERMASUK BAGIAN 14 DAN 15, YANG MENGECUALIKAN ATAU MEMBATASI JAMINAN ATAU KEWAJIBAN ATAS KERUGIAN DARI GOOGLE YANG SECARA HUKUM MUNGKIN TIDAK DIKECUALIKAN ATAU DIBATASI OLEH HUKUM YANG BERLAKU. SEBAGIAN YURISDIKSI TIDAK MENGIJINKAN PENGECUALIAN JAMINAN ATAU KETENTUAN TERTENTU ATAU PEMBATASAN ATAU PENGECUALIAN KEWAJIBAN ATAS KEHILANGAN ATAU KERUGIAN YANG DISEBABKAN OLEH KELALAIAN, PELANGGARAN TERHADAP KONTRAK ATAU PELANGGARAN TERHADAP SYARAT-SYARAT TERSIRAT, ATAU KERUGIAN YANG TIDAK DISENGAJA ATAU TIDAK LANGSUNG. KARENA ITU, HANYA BATASAN YANG SAH DI YURISDIKSI ANDA YANG BERLAKU UNTUK ANDA DAN KEWAJIBAN KAMI AKAN DIBATASI SEJAUH YANG DIIJINKAN OLEH HUKUM.

14.2 ANDA SECARA TEGAS MEMAHAMI DAN SEPAKAT BAHWA PENGGUNAAN LAYANAN OLEH ANDA ADALAH SEPENUHNYA RESIKO ANDA SENDIRI DAN BAHWA LAYANAN DISEDIAKAN “SEBAGAIMANA ADANYA” DAN “SEBAGAIMANA YANG TERSEDIA”.

14.3 SECARA KHUSUS, GOOGLE, ANAK PERUSAHAAN DAN AFILIASINYA, SERTA PEMBERI LISENSINYA TIDAK MENYATAKAN ATAU MENJAMIN KEPADA ANDA BAHWA:

(A) PENGGUNAAN LAYANAN OLEH ANDA AKAN MEMENUHI PERSYARATAN ANDA,

(B) PENGGUNAAN LAYANAN OLEH ANDA TIDAK AKAN TERPUTUS, TEPAT WAKTU, AMAN ATAU BEBAS DARI ERROR (KESALAHAN),

(C) SETIAP INFORMASI YANG DIDAPAT OLEH ANDA SEBAGAI HASIL DARI PENGGUNAAN LAYANAN OLEH ANDA TEPAT ATAU ANDAL, DAN

(D) BAHWA CACAT PADA OPERASI ATAU FUNGSIONALITAS SUATU PIRANTI LUNAK YANG DISEDIAKAN KEPADA ANDA SEBAGAI BAGIAN DARI LAYANAN AKAN DIPERBAIKI.

14.4 SETIAP MATERI YANG DI’DOWNLOAD’ ATAU YANG DENGAN CARA LAIN DIPEROLEH MELALUI PENGGUNAAN LAYANAN DILAKSANAKAN ATAS KEBIJAKSANAAN DAN RESIKO ANDA SENDIRI DAN BAHWA ANDA SEPENUHNYA BERTANGGUNG JAWAB ATAS SETIAP KERUSAKAN PADA SISTEM KOMPUTER ANDA ATAU PERALATAN LAIN ATAU KEHILANGAN DATA YANG DIAKIBATKAN OLEH DOWNLOAD DARI SETIAP MATERI TERSEBUT.

14.5 PEMBERITAHUAN ATAU INFORMASI, BAIK LISAN ATAU TERTULIS, YANG DIPEROLEH ANDA DARI GOOGLE ATAU MELALUI ATAU DARI LAYANAN TIDAK MENGADAKAN JAMINAN APAPUN YANG TIDAK DINYATAKAN SECARA TEGAS DALAM SYARAT-SYARAT.

14.6 GOOGLE LEBIH JAUH SECARA TEGAS MENYANGKAL SEMUA JAMINAN DAN KETENTUAN APAPUN JENISNYA, BAIK SECARA TEGAS ATAU TERSIRAT, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, JAMINAN DAN KETENTUAN TERSIRAT DARI DAPAT TIDAKNYA DIPERDAGANGKAN, KESESUAIAN UNTUK SUATU TUJUAN DAN TIDAK ADANYA PELANGGARAN.

15. BATASAN KEWAJIBAN

15.1 SESUAI DENGAN SELURUH KETENTUAN DALAM AYAT 14.1 DI ATAS, ANDA SECARA TEGAS MEMAHAMI DAN SEPAKAT BAHWA GOOGLE, ANAK PERUSAHAAN DAN AFILIASINYA, SERTA PEMBERI LISENSINYA TIDAK BERKEWAJIBAN KEPADA ANDA ATAS:

(A) SETIAP GANTI KERUGIAN LANGSUNG, TIDAK LANGSUNG, TIDAK SENGAJA, YANG BERSIFAT KHUSUS ATAU YANG BERSIFAT SEBAGAI CONTOH YANG DAPAT DITANGGUNG OLEH ANDA, APAPUN PENYEBABNYA DAN BERDASARKAN TEORI KEWAJIBAN APAPUN; YANG MENCAKUP, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, SETIAP KEHILANGAN LABA (BAIK YANG DITANGGUNG SECARA LANGSUNG ATAU TIDAK LANGSUNG), SETIAP KEHILANGAN GOODWILL ATAU REPUTASI BISNIS, SETIAP KEHILANGAN DATA YANG DIDERITA, BIAYA PENGADAAN BARANG ATAU LAYANAN PENGGANTI, ATAU KERUGIAN TIDAK BERWUJUD LAINNYA;

(B) SETIAP KEHILANGAN ATAU KERUGIAN YANG DAPAT DITANGGUNG OLEH ANDA, TERMASUK, NAMUN TIDAK TERBATAS PADA, KEHILANGAN ATAU KERUGIAN SEBAGAI AKIBAT DARI:

(I) SUATU KETERGANTUNGAN DARI ANDA PADA KELENGKAPAN, KETEPATAN ATAU KEBERADAAN SUATU IKLAN, ATAU SEBAGAI AKIBAT DARI SUATU HUBUNGAN ATAU TRANSAKSI ANTARA ANDA DAN PEMASANG IKLAN ATAU SPONSOR YANG IKLANNYA TERTERA PADA LAYANAN;

(II) SUATU PERUBAHAN YANG DAPAT DILAKUKAN OLEH GOOGLE ATAS LAYANAN ATAU UNTUK SETIAP BERAKHIRNYA PENYEDIAAN LAYANAN SECARA TETAP ATAU UNTUK SEMENTARA WAKTU (ATAU SUATU FITUR DI DALAM LAYANAN);

(III) PENGHAPUSAN DARI, KERUSAKAN DARI, ATAU KEGAGALAN MENYIMPAN SUATU ISI DAN DATA KOMUNIKASI LAIN YANG DIKELOLA ATAU DIKIRIM OLEH ATAU MELALUI PENGGUNAAN LAYANAN OLEH ANDA;

(III) KELALAIAN ANDA UNTUK MEMBERIKAN INFORMASI ACCOUNT YANG TEPAT KEPADA GOOGLE;

(IV) KELALAIAN ANDA UNTUK MENJAGA KERAHASIAAN DAN KEAMANAN RINCIAN PASSWORD ATAU ACCOUNT ANDA;

15.2 BATASAN ATAS KEWAJIBAN GOOGLE KEPADA ANDA DALAM AYAT 15.1 DI ATAS BERLAKU TERLEPAS APAKAH GOOGLE TELAH DIBERITAHU ATAU TIDAK ATAU TERLEPAS APAKAH GOOGLE MENGETAHUI ADANYA KEMUNGKINAN TIMBULNYA KEHILANGAN ATAU TIDAK.

16. Kebijakan Mengenai Hak Cipta dan Merek Dagang

16.1 Kebijakan Google adalah menanggapi pemberitahuan mengenai dinyatakannya pelanggaran hak cipta yang memenuhi hukum kekayaan intelektual internasional yang berlaku (termasuk, di Amerika Serikat, Digital Millennium Copyright Act) dan mengakhiri account para pelanggar yang berulang-kali melakukan pelanggaran. Rincian kebijakan dari Google dapat dijumpai di http://www.google.co.id/dmca.html.

16.2 Google menjalankan prosedur mengenai keluhan atas merek dagang sehubungan dengan bisnis pemasangan iklan dari Google, yang rinciannya dapat dijumpai di http://www.google.co.id/tm_complaint.html.

17. Pemasangan Iklan

17.1 Sebagian dari layanan didukung oleh pendapatan dari iklan dan dapat menampilkan iklan serta promosi. Iklan ini dapat ditujukan untuk Isi informasi yang disimpan di layanan, pertanyaan yang disampaikan melalui layanan atau informasi lain.

17.2 Cara, modus dan sejauh mana iklan dari Google pada layanan dapat diubah tanpa diberitahukan secara khusus kepada anda.

17.3 Sebagai imbalan atas pemberian akses oleh Google kepada anda ke dan untuk menggunakan layanan, anda sepakat Google dapat memasang iklan tersebut pada layanan.

18. Isi lain

18.1 Layanan dapat mencakup hyperlink (penghubung) ke situs web atau Isi atau sumberdaya lain. Google tidak memiliki kontrol atas setiap situs web atau sumberdaya yang disediakan oleh perusahaan atau orang selain Google.

18.2 Anda mengakui dan sepakat bahwa Google tidak bertanggung jawab atas ketersediaan situs atau sumberdaya luar tersebut dan tidak mengesahkan setiap iklan, produk atau materi lain pada atau yang tersedia dari situs web atau sumberdaya tersebut.

18.3 Anda mengakui dan sepakat bahwa Google tidak berkewajiban atas setiap kehilangan atau kerugian yang dapat ditanggung oleh anda sebagai akibat dari ketersediaan situs atau sumberdaya luar tersebut atau sebagai akibat dari ketergantungan anda pada kelengkapan, ketepatan atau keberadaan suatu iklan, produk atau materi lain pada, atau yang tersedia dari, situs web atau sumberdaya tersebut.

19. Perubahan atas Syarat-Syarat

19.1 Google dari waktu ke waktu dapat melakukan perubahan atas syarat-syarat universal atau syarat-syarat tambahan. Sewaktu perubahan ini dilakukan, Google akan membuat salinan baru dari Syarat-Syarat Universal yang tersedia di http://www.google.com/accounts/TOS?hl=id dan setiap syarat-syarat tambahan baru akan disediakan kepada anda dari dalam, atau melalui, layanan terkait.

19.2 Anda memahami dan sepakat bahwa apabila anda menggunakan layanan setelah tanggal dimana Syarat-Syarat Universal atau Syarat-Syarat Tambahan mengalami perubahan, maka Google akan menganggap penggunaan oleh anda sebagai persetujuan atas Syarat-Syarat Universal atau Syarat-Syarat Tambahan yang telah dibarui.

20. Syarat-Syarat Umum yang Sah

20.1 Kadang-kadang sewaktu anda menggunakan layanan, anda dapat (sebagai akibat dari, atau melalui, penggunaan layanan oleh anda) menggunakan layanan atau men’download’ piranti lunak atau membeli barang yang disediakan oleh orang atau perusahaan lain. Penggunaan layanan, piranti lunak atau barang lainnya tersebut oleh anda dapat tunduk pada syarat-syarat terpisah antara anda dan perusahaan atau orang terkait. Jika demikian, maka syarat-syarat tidak berpengaruh pada hubungan yang sah dengan perusahaan atau individu lain tersebut.

20.2 Syarat-syarat merupakan seluruh perjanjian yang sah antara anda dan Google dan mengatur penggunaan layanan oleh anda (tetapi tidak termasuk setiap layanan yang dapat disediakan oleh Google kepada anda berdasarkan perjanjian tertulis terpisah) dan sepenuhnya menggantikan setiap perjanjian sebelumnya antara anda dan Google terkait dengan layanan.

20.3 Anda sepakat bahwa Google dapat menyampaikan kepada anda pemberitahuan, termasuk berkenaan dengan perubahan atas syarat-syarat, melalui e-mail, surat biasa, atau menempatkannya pada layanan.

20.4 Anda sepakat bahwa apabila Google tidak melaksanakan atau memberlakukan suatu hak atau upaya hukum yang tertuang dalam syarat-syarat (atau dimana Google mendapatkan manfaat berdasarkan hukum yang berlaku), maka hal ini tidak boleh dijadikan pengenyampingan resmi dari hak Google dan bahwa hak atau upaya hukum tersebut tetap tersedia untuk Google.

20.5 Apabila suatu pengadilan yang memiliki yurisdiksi untuk memutuskan persoalan ini memutuskan bahwa suatu ketentuan dari syarat-syarat ini tidak berlaku, maka ketentuan tersebut akan ditiadakan dari syarat-syarat tanpa berpengaruh pada ketentuan lain dari syarat-syarat. Ketentuan-ketentuan lainnya dari syarat-syarat tetap berlaku dan dapat diberlakukan.

20.6 Anda mengakui dan sepakat bahwa setiap anggota kelompok perusahaan dimana Google adalah perusahaan induknya adalah penerima manfaat pihak ketiga pada syarat-syarat dan bahwa perusahaan lain tersebut berhak untuk secara langsung memberlakukan dan bergantung pada setiap ketentuan dari syarat-syarat yang memberikan manfaat pada (atau hak bagi kepentingan) mereka. Selain dari itu, tidak ada orang atau perusahaan lain yang akan menjadi penerima manfaat pihak ketiga dari syarat-syarat.

20.7 syarat-syarat, dan hubungan anda dengan Google berdasarkan syarat-syarat, akan diatur oleh hukum negara bagian California tanpa memandang pada ketentuan mengenai pertentangan hukum. Anda dan Google sepakat untuk tunduk pada yurisdiksi eksklusif pengadilan yang berada di County Santa Clara, California untuk menyelesaikan setiap persoalan hukum yang timbul dari syarat-syarat. Dengan tidak mengindahkan hal ini, anda sepakat bahwa Google tetap diijinkan mengajukan permohonan untuk mendapatkan ganti rugi secara hukum (atau jenis keringanan hukum mendesak yang setara) di yurisdiksi manapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey Visitor Where Do You Come From ?


Apa Yang Ingin Anda Cari ???

Gtalk (Google Talk )