26 Agustus 2009

Sudahkah Memperlakukan Pengunjung Blog sebagai Customer?


Setelah membaca tulisan Mas Haris dari Inspiero.Com nih, tentang bagaimana Memperlakukan Pembaca Blog sebagai Tamu Eksekutif, jadi punya ide nulis hal serupa, tetapi saya posisikan pengunjung blog sebagai Customer. :grin:

Dalam ulasan Mas Haris, bagaimana cara memperlakukan pembaca blog sebagai tamu eksekutif, ada beberapa poin yang diulas;

1. Perlakuan Istimewa; yaitu dengan memberikan layanan terbaik berupa informasi yang mereka cari;

2. Informasi yang cepat dan mudah ditangkap pembaca; dan

3. Membuat pembaca merasa aman dan nyaman;

Luar biasa sekali apa yang disampaikan Mas Haris tersebut. Lantas, bagaimana dengan pengunjung sebagai customer?

Sebenarnya ini merupakan materi yang saya dapat beberapa waktu lalu saat mengikuti Diklat (profesi) Contact Center, dimana ada beberapa poin tentang “Apa yang Customer/Pelanggan Mau?” Apa saja; Hasilnya dapat saya kelompokkan dalam lima poin;

1. adalah Pelanggan Ingin Dianggap Penting,

2. Pelayanan yang Efisien,

3. Didengarkan,

4. Mendapatkan Solusi, dan

5. Bantuan yang Kompeten.

Tentu apa yang ‘pelanggan’ mau tersebut bisa kita asosiasikan ke “Apa yang Pengunjung/Pembaca Mau?” bukan? Baik, selanjutnya Apa nih yang pengunjung mau saat mengunjungi blog Anda? :grin:

Dianggap Penting

Iya ngga sih, anda-anda ini semua ingin dianggap penting saat mengunjungi sebuah blog? Atau mau dicuekin aja? Kalau saya, salah satu cara saya menunjukkan “menganggap penting” pengunjung adalah dengan selalu ‘menyapa’ dan mencoba menjalin keakraban.

Pernah anda menghubungi contact center atau customer service dari layanan yang anda gunakan? Pasti anda ditanyakan nama bukan? Dan sapaan selanjutnya akan selalu diikuti nama anda?

Jadi dengan Bapak Habibie ya, Baik Bapak Habibie, jadi begini, dan selanjutnya nanti blablabla…. dan nanti kalau Bapak Habibie masih ada yang ingin ditanyakan dapat menghubungi kami kembali. Dst..

Begitu misalnya. Menyapa nama, merupakan salah satu aspek penting dalam membangun hubungan baik; selain untuk menunjukkan penghormatan juga semakin menjalin keakraban dengan lawan bicara tentunya.

Itulah mengapa, saya selalu menekankan “Nama, Nama, Nama, Nama, dan Nama” bagi pengunjung yang akan meninggalkan comment di blog ini. Ngga oke kan, kalau ngasih comment namanya “Duit dari Internet”? Tapi kalau anda menggunakan nama anda, akan sangat menyenangkan sekali menyapa anda semua, ;)

Pelayanan yang Efisien

Apa yang anda berikan dari blog anda? Informasi bukan? Nah, untuk memberikan pelayanan yang efisien, ini dia yang perlu banyak latihan sepertinya. Bagaimana menyajikan informasi sehingga mudah, dan cepat ditangkap oleh pembaca.

Selain itu navigasi yang baik, seperti pengelompokan yang dalam “tag” atau “categories” juga perlu diperhatikan, pengelompokan yang baik akan meningkatkan kualitas pelayanan yang anda berikan. :grin:

Mendapatkan Solusi

Ini dia salah satu alasan mengapa orang-orang mengunjungi sebuah blog. Selain untuk mencari informasi atau mungkin hiburan, pengunjung juga ingin mendapatkan solusi. Apalagi untuk blog-blog yang berisikan tips-tips, problem solving atau sejenisnya.

Akan sangat bagus kalau apa yang anda sampaikan ke pengunjung blog anda langsung puas dan dapat menangkap apa yang ingin anda sampaikan. Namun bagaimana kalau masih ada yang ngganjel di benak pengunjung?

Ini dia yang akan dibahas selanjutnya, bahwa customer ingin didengarkan, juga menginginkan bantuan yang kompeten. :D

Didengarkan

Ini kaitannya dengan comment-comment yang ditinggalkan oleh pengunjung. Masih sempet baca semua satu per satu bukan, comment-comment di blog anda? Untuk blog-blog tenar yang banyak banget commentnya, mungkin membaca comment merupakan suatu pekerjaan yang agak berat mungkin. Tapi untuk blog-blog yang masih berkembang seperti ini, masih kebaca semua lah mestinya hehe..

Jangan lupa, tangkap apa yang disampaikan pengunjung anda. ‘Kan ada yang melempar pendapat, ada pula yang mengajukan pertanyaan. Nah, respon dengan baik comment-commentnya, setuju? ;)

Bantuan yang Kompeten

Ada diantara pengunjung blog anda yang bertanya karena masih ada yang kurang jelas? Selain mendengarkan apa yang mereka sampaikan, bantuan yang kompeten layak juga diberikan, kawan. Kalau kita belum bisa menjawab atau belum bisa membahasnya lebih panjang di postingan selanjutnya, bisa kita carikan referensi di tempat lain.

Tentu suatu penghargaan yang luar biasa sekali bagi pengunjung anda bukan, kalau sekalipun bukan anda yang menjawab, tetapi anda tetap membantu mencarikan referensi yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey Visitor Where Do You Come From ?


Apa Yang Ingin Anda Cari ???

Gtalk (Google Talk )