3 Agustus 2009

Pelabuhan sunda kelapa

Detik demi detik waktu terus berputar, teknologi semakin canggih, transportasipun semakin cepat. Tapi apa yang terjadi dengan masa-masa lalu ketika teknologi masih biasa saja dan transportasipun masih menggunakan kapal laut . Sesuatu yang telah dilupakan yaitu dunia maritim Indondesia di masa silam. Inilah salah saktu saksi sejarah akan dunia maritim Indonesia di Djakarta yaitu pelabuhan Sunda Kelapa.


Pelabuhan yang sangat peting bagi kota Djakarta ini (karena merupakan cikal bakalnya kota Djakarta yang ditetapkan pada tangal 22 Juni 1527), sangatlah nyaman untuk dikunjungi pada pagi hari atau malam hari. Ketika pagi hari masih dapat menghirup segarnya udara di pagi hari (kadang-kadang ada yang foto prewed hehehehhe) dan malam hari anda bisa menikmati sebuah keramaian dan keindahan laut di malam hari.

Pelabuhan yang memiliki luas daratan 760 huektar dan luas perairan kolam 16.470 huektar ternyata milik Kerajaan Sunda ( kerajaan Tarumanegara ) pada abad ke-5 dan disebut dengan Sundapura. Nice hah........ Btw kata kelapa dari mana yah??????

Btw cerita ini tak lengkap bila tiada cerita bagaimana Sunda Kelapa menjadi cikal bakalnya kota Jakarta. Betul tak? Pada tanggal 21 Agustus 1522 ada perjanjian persahabatan antara Sunda-Portugal, akan tetapi kerjaan Demak menganggap ini adalah sebuah provokasi dan ancaman jadi Demak memerintahkan Mr. Fatahillah untuk mengusir Portugis dan tragedipun tak terelakan pada tanggal 22 Juni 1527 yang mana akhirnya tangal tersebut menjadi hari jadi kota Jakarta. Nama Sunda Kelapa berubah menjadi Jayakarta yang artinya adalah kemenangan yang diraih oleh sebuah perbuatan atau usaha.

Apa yang terjadi dengan nama Sunda Kelapa ketika namanya telah berubah menjadi Jayakarta? Ternyata nama Jayakarta tak lama bertahan. pada masa kolonialisme Belanda nama jayakarta berubah menjadi Batavia dan pada masanya Jepang meguasai Bataviapun berubah menjadi nama Jakarta. Jadi nama Sunda Kelapa tidak dipakai hingga pada masa Orde Baru yang menetapkan nama Sunda Kelapa menjadi nama sebuah pelabuhan yang mana sering disebut juga dengan Pasar Ikan. Untuk sekedar tahu saja.

Jika ke pelabuhan ini jangan lupa jalan2x di sekitarnye. Ada Musuem Bahari, ada galangan kapal VOC, dll. Jadi kapan kamu ingin ke Sunda Kelapa? Enjoy, peace and love from me.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey Visitor Where Do You Come From ?


Apa Yang Ingin Anda Cari ???

Gtalk (Google Talk )