12 Agustus 2009

HUT Ke-64 RI Dirayakan di 4 Kota Besar Rusia

Moskow - HUT RI tahun ini dirayakan spesial di 4 kota-kota besar Rusia dengan pentas utama Mahardhika Nusantara. Ini terkait dengan persiapan peringatan 60 Tahun hubungan diplomatik RI-Rusia.

Kampanye kebudayaan menyambut dua momentum istimewa itu akan dimulai di Moskow (19/8), kemudian St. Peteresburg (25/8), Minsk/Belarusia (8/9) dan Vladivostok (19-22/9/2009). Tercatat 67 artis memperkuat Mahardhika Nusantara, dengan koreografer Anter Asmorotedjo (Yogyakarta), Abdul Basit (Makassar) dan pelatih gamelan I Wayan Berata (Bali).

"Momentum 17-an tahun ini memang sangat spesial. Kita akan memanfaatkannya untuk lebih mendekatkan Indonesia kepada rakyat Rusia dan Belarusia," ujar Dubes RI Hamid Awaludin untuk detikcom, seperti disampaikan Counsellor M. Aji Surya petang ini (11/8/2009).

Menurut Awaludin, berbagai kegiatan yang telah dirancang sangat terkait dengan geliat kerjasama bilateral Indonesia-Rusia yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

Disebutkan bahwa meskipun kegiatan HUT RI di Rusia tahun ini berskala luas, namun tidak ada pemborosan. "Kita memaksimalkan dan mengefisienkan anggaran yang tersedia. Kalau tahun lalu anggaran hanya bisa untuk kegiatan di Moskow, kali ini harus bisa melebar ke banyak kota," tegasnya.

Kolosal

Sementara itu Aji menjelaskan bahwa Mahardhika Nusantara berformat tari kolosal, yang menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia membebaskan diri dari penjajahan dan keterbelakangan menuju negeri makmur sejahtera sesuai cita-cita kemerdekaan.

"Di sini juga terselip pesan keamanan yang senantiasa diupayakan oleh seluruh komponen bangsa,” ujarnya.

Aji mengatakan bahwa mahasiswa Indonesia dan Rusia yang sedang libur musim panas menjadi tulang punggung pentas budaya ini. Mereka melakukan latihan maraton seminggu tiga kali. Untuk permainan anak 'Gandrang Bulo' dan beberapa tarian Nusantara akan dimainkan para siswa Sekolah Indonesia di Moskow (SIM) dan Dharma Wanita.

"Khusus di Vladivostok, sebanyak 11 penari papan atas dari Indonesia akan dihadirkan oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata," terang Aji.

Menurut Aji, tatalaksana kegiatan ini tidak sederhana. Selain urusan birokrasi setempat, juga faktor jarak geografi wilayah Rusia yang sangat luas. Bayangkan saja, dari Moskow ke St. Petersburg itu setara Jakarta ke Yogyakarta. Sedangkan dari Moskow ke Minsk memakan waktu perjalanan darat 10 jam.

"Terjauh adalah Vladivostok. Untuk mencapai kota pelabuhan di bagian timur Rusia ini harus naik pesawat selama 9 jam, setara penerbangan Moskow-Singapura. Sedangkan Moskow-Jakarta cuma 12 jam," demikian Aji.

Untuk kegiatan olahraga sudah dimulai sejak 9/8/2009, meliputi bulutangkis, tenis meja, bola voli, bola basket, permainan anak-anak dan gaple.
(es/es)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey Visitor Where Do You Come From ?


Apa Yang Ingin Anda Cari ???

Gtalk (Google Talk )