28 Agustus 2009

Google Masuki Ranah Pencarian Lewat Suara


Semakin canggih suatu teknologi, maka akan semakin minim usaha yang dikeluarkan manusia untuk mengaksesnya. Hal itulah yang sedang marak dibicarakan di perusahaan search enggine terbesar di dunia, Google

Google sedang menimbang untuk menambahkan aplikasi gratis yang memungkinkan pengguna iPhone menjelajah dunia maya dengan kekuatan suara.

Langkah yang diambil Google ini merupakan cara untuk mengimbangi rivalnya, Microsoft dan Yahoo, yang sudah lebih dulu meluncurkan layanan menjelajah internet dengan hanya mengajukan pertanyaan layaknya bertanya pada umumnya.

Sebagai bukti keseriusan Google dalam rencana terbaru ini, perusahaan yang digawangi sepasang sahabat Sergey Brin dan Larry page tersebut, sudah mulai menyiapkan sebuah jalur telepon khusus bebas pulsa bernomor GOOG411. Dengan menelepon ke nomor ini, penelepon bisa berbicara ke sebuah sistem komputer yang nantinya akan mencarikan informasi yang diinginkan.

Sebelum Google maju ke ranah pencarian menggunakan suara, tahun lalu Yahoo sudah lebih dulu meluncurkan pengenalan suara menggunakan layanan oneSearch, dan layanan Live Search milik Microsoft, yang berkonsep hampir mirip satu sama lain, yaitu digerakkan dengan suara untuk menikmati layanan internet mobile.

Namun walaupun sudah terlangkahi oleh dua rivalnya, Google masih berani mengklaim bahwa layanan milik mereka lebih bisa terpercaya. Apalagi dengan bermodalkan hak paten untuk mesin pencari mereka yang bisa digunakan dengan hanya memberdayakan suara yang diperoleh Google pada tahun 2006.

"Teknologi pengenalan suara yang sudah ada sekarang ini ternyata masih memiliki level kesalahan yang tinggi untuk ukuran kosa kata yang beragam," terang juru bicara Google seperti diberitakan di Times of India.

Sebagai informasi, layanan ini sudah mulai tersdia di toko musik digital iTunes mulai pekan ini.


2 komentar:

  1. teknologi google emang gak ada 2 nya,salut deh...

    BalasHapus
  2. wah...ini bnr2 berita baru :D
    saya baru tahu

    BalasHapus

Hey Visitor Where Do You Come From ?


Apa Yang Ingin Anda Cari ???

Gtalk (Google Talk )