3 Agustus 2009

Bintang bermuda

Kawasan yang sebaiknya dihindari karena banyak yang tak kembali ketika melewatinya. Hal yang menjadi sangat menyebalkan bagi penduduk desa Jayanusa karena harus memutari kawasan tersebut ketika hendak ke kota. Untuk melampiaskan kekesalan, penduduk pernah mencoba untuk membumihanguskan sebagian kawasan untuk dibuat jalan tetapi gagal. Penduduk tidak berdaya dan menjadikan Bintang Bermuda sebagai legenda.

Legenda yang menceritakan bahwa di kawasan Bintang Bermuda ada penjaga yang menakutkan bernama Pamong Kejora. Hal ini dikarenakan penjaga tersebut hanya memberi jalan ketika adanya cahaya bintang Kejora yang menyinari bagian pusat kawasan Bintang Bermuda tersebut. Penduduk mempercayainya karena memang setiap kejadian tersebut pasti akan ada seseorang yang kembali dari Bintang Bermuda yang menakutkan dan orang tersebut akan memberikan solusi bijak ketika desa dilanda sebuah masalah.

Desa Jayanusa sangatlah aman, tentram dan makmur. Tiada masalah yang tidak dapat diselesaikan dan tidak ada bencana yang menakutkan. Sehingga dapat dikatakan sebuah desa yang rukun dan harmonis.

Suatu hari, Rajamosa (seorang yang dihormati dan terpandang) merasa khawatir akan keadaan desa tersebut. Bagaimana perjalanan masa depan untuk desa yang rukun dan harmonis ini? Karena ada kemungkinan, kembali ke masa kekacauan sebagai akibat tidak mengenalnya perjalanan sejarah dan revolusi desa tersebut. Karena itu Rajamosa mengutus seorang pemuda (Pangjaya) yang pandai dan bijaksana untuk masuk ke kawasan Bintang Bermuda.

Rajamosa mengutus pemuda untuk masuk ke kawasan yang menakutkan? Inilah sebuah rahasia yang disimpan oleh orang yang pernah kembali dari Bintang Bermuda yaitu pintu masuk, jalan menuju pusat, dan kembali dari Bintang Bermuda. Dan di pusat Bintang Bermuda terdapat sebuah tugu Kejora, yang mana ketika tangan seseorang menyentuh tugu tersebut, maka seketika langit bagaikan layar yang menampilkan segala sesuatu yang hendak diketahui oleh pemilik tangan tersebut. Pada saat itu yang hendak diketahui Pangjaya adalah perjalanan sejarah negerinya, seperti yang ditanyakan Rajamosa kepada dirinya.

Langit seketika menggambarkan sebuah kerajaan yang dinamakan Purba Yamagara. Sebuah kerajaan lebih kurang 6.000 tahun yang lalu dan dipimpin oleh seorang ratu. Demi mempertahankan kerajaan dari serangan luar dan keturunannya, setiap tahun diadakan sayembara untuk memilih 3 jagoan. Jagoan yang akan menjaga serangan dari luar dan membuahi ratu dengan harapan menghasilkan calon keturunan ratu dengan benih jagoan.

Selanjutnya, langit menggambarkan sebuah kerajaan klasik Kilawesi yang umurnya lebih kurang 600 tahun. Sistim kerajaan yang bersifat dinasti atau keturunan. Pangeran yang akan melanjutkan tahta berasal dari permaisuri dan selir yang mana pada umumnya berjumlah banyak sehingga terjadi perpecahan dan perang istana.

Setelah bercerita tentang kerajaan Kilawesi maka sekarang memperlihatkan sebuah sebuah negara Silinada dengan sistim demokrasi yang terbentuk lebih kurang 60 tahun yang lalu. Sistem pemerintahan yang dipimpin oleh seorang kepala negara. Proses demokrasi ini terjadi dengan pemilihan 3 partai yang kemudian partai-partai tersebut mengusung 2 kandidat untuk dipilih menjadi seorang kepala negara. Dalam sistim yang dapat dikatakan maju ini, ternyata dalam perjalannya juga terjadi perang psikologi, bentrokan fisik antar pendukung, pembunuhan dan teror. Bahkan yang lebih ekstrim, melakukannya terhadap diri dan keluarga sendiri demi kemenangan dan kekuasaan.

Peristiwa yang seharusnya tidak terjadi karena telah berkembangnya sistem pemerintahan dan masyarakat manusia itu sendiri. Tapi inilah bukti nyata, yaitu karakter manusia terutama para elite politik yang menyebabkan demokrasi yang beradab dan berbudaya menjadi demokrasi yang biadab dan tidak berprikemanusian.

Matahari telah terbit dan saatnya Pangjaya itu pulang ke desanya, Jayanusa. Pemuda bijak tersebut tidak datang kembali ke Bintang Bermuda dan sedikit informasi yang diperoleh pada malam tersebut menjadi rahasianya dan bekal untuk memimpin desanya tersebut.

Anda tahu kenapa Pangjaya tidak pergi lagi dan merahasiakan apa yang diperolehnya? Rakyat adalah manusia yang cinta damai, jadi biarkanlah legenda itu tetap ada agar tidak disalah gunakan karena manusia juga merupakan makhluk yang tidak pernah puas. Bila keberadaannya diketahui dan disalah gunakan maka masa depan negeri ini akan terancam.

Sistim pemerintahaan apa yang digunakan oleh desa Jayanusa sehingga dikatakan sebuah desa yang rukun dan harmonis? Itulah misteri yang harus dipecahkan karena saya sendiri tidak tahu dimana keberadaan Desa Jayanusa dan kawasan Bintang Bermuda. Maafkan jika ada kesamaan nama dan tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey Visitor Where Do You Come From ?


Apa Yang Ingin Anda Cari ???

Gtalk (Google Talk )