6 September 2009

Ayo menurut kamu siapakah yang akan menjadi pemenangnya Google vs Yahoo



Siapa tidak kenal google di jaman yang serba googling ini. Tapi apakah kamu tahu sejarah google? Tidak disangka – sangka google yang sekarang merupakan situs wajib yang harus dibuka dan sebagai tempat pencarian yang lebih baik daripada guru maupun dosen sekalipun adalah buatan 2 anak mahasiswa di Universaitas Stanford, California. Larry Page dan Sergey Bin, adalah 2 orang mahasiswa tersebut. Untuk lebih jelasnya saya cuplikan dari beberapa website di bawah ini :Google dimulai sebagai sebuah proyek pencarian pada Januari 1996 oleh Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa Ph. D. di Universitas Stanford, California. Mereka menghipotesiskan bahwa sebuah mesin pencari yang menganalisa pereratan antara website dapat menghasilkan hasil yang lebih baik daripada teknik yang sudah ada, yang menilai hasil berdasarkan jumlah pencarian tersebut muncul pada sebuah halaman. Mesin pencari mereka disebut “BackRub” karena pranala kembali sistemnya dapat memperkirakan pentingya sebuah situs. Sebuah mesin pencari kecil bernama Rankdex telah menggunakan strategi yang sama. Diyakini bahwa halaman dengan pranala lebih banyak dari halaman web yang relevan merupakan halaman paling relevan yang dikaitkan dengan pencarian, Page dan Brin menguji tesis mereka sebagai bagian dari pembelajaran mereka, dan mendirikan tumpuan untuk mesin pencari mereka. Aslinya, mesin pencari tersebut menggunakan website Universitas Stanford dengan domain google.stanford.edu. Domain google.com diregistrasikan tanggal 15 September 1997, dan perusahaan ini berdiri dengan nama Google Inc. tanggal 7 September 1998 pada sebuah garasi rumah di Menlo Park, California. Investasi awal yang diperoleh untuk perusahaan baru ini bernilai hampir $1,1 juta, termasuk sebuah cek senilai $100.000 dari Andy Bechtolsheim, salah seorang pendiri Sun Microsystems.

Bulan Maret 1998, perusahaan ini memindahkan kantornya ke Palo Alto, rumah bagi beberapa perusahaan teknologi di Silicon Valley. Setelah tumbuh melampaui dua situs lainnya, perusahaan ini menyewa sebuah komplek bangunan di 1600 Ampitheatre Parkway, Mountain View dari Silicon Graphics (SGI) pada tahun 2003. Google telah menetap di lokasi itu hingga saat ini, dan komplek ini mulai dikenal sebagai Googleplex (plesetan dari kata googolplex, angka 1 yang diikuti oleh seratus nol). Tahun 2006, Google membeli properti dari SGI sebesar $319 juta.

Penemuan yang sangay spektakuler bukan? Sekarang kedua mahasiswa tersebut menjadi presiden dari google inc dan tinggal meraup banyak keuntungan dari penemuannya.

Google memang berbeda dengan Yahoo. Apalagi dalam hal mereka melakukan indeksing dan kecepatan mereka menjelajahi miliaran halaman web.

Beberapa orang menyamakan Google dengan MAN dan Yahoo dengan Women. Rupanya gak salah kalau memang analogi seperti itu dibuat. Mengapa?

Beberapa perbedaan Google Vs Yahoo dalam konteks indexing dan ranking, sbb

1. Google lebih cepat dalam melakukan indeksing dibandingkan Yahoo. Hanya itungan harian halaman web Anda sudah akan terindeks (harus memenuhi persyaratan Google tentunya)
2. Untuk terindeks di Yahoo membutuhkan waktu 2-3 minggu.
3. Google lebih sering melakukan REFRESH atau disebut juga sebagai “Google Dancing”. Artinya untuk mempertahankan posisi suatu situs web di urutan atas, Anda harus lebih banyak upaya untuk mempertahankannya.
4. Pindah urutan di Google lebih sering dibandingkan di Yahoo
5. Google tidak memperhatikan meta keywords, namun Yahoo masih melihat meta keywords.
6. Mempertahankan urutan di Yahoo lebih mudah dibandingkan di Google.
7. Google lebih menggunakan algoritma word sensitivedibandingkan Yahoo, misalnya bila Anda mengetikkan untuk frase “mug souvenir”; “mug sufenir”; “mug sovenir”; “mug sofenir”, maka hasil pencariannya tidak berubah.
8. Yahoo support meta tag yang lain sedang Google tidak mempedulikan
9. Yahoo support frame sedang Google tidak
10. Google peduli dengan popularity suatu domain, sedangkan Yahoo tidak terlalu
11. Google peduli dengan quality incoming links, sedang Yahoo tidak terlalu

13 komentar:

  1. Nice artikel, jadi tau sejarahnya google dan yahoo. Dari artikel sepertinya sudah terlihat yang bakal menang siapa

    BalasHapus
  2. aku mikir google ya

    tapi dari segi duluan sih yahooo


    tapi google malah sekarang bisa tembus kemana 2

    BalasHapus
  3. pemenangnya adalah blog saya..hihi (just kidding) gak ada yang menang ko, selama masih ada para nater yang menggunakan jasa mereka.. kecuali kalo memang sudah bangkrut .. cukup segini aja comentnya semoga bisa membuat kamu bergembira :)

    BalasHapus
  4. hidup mati seorang netter di tangan mbah gugel kek nya :(

    BalasHapus
  5. google more sophisticated and smart, with google i can search user n password on site

    BalasHapus
  6. kalo untuk popularity blog...., aku pegang google...tapi yahoo tetap nomer 2 lho...dari seluruh search engine yang ada, tul gak....

    BalasHapus
  7. aku njago mabah google ajach coz baik bgt index blog ku,
    Kalo mbak yayuk mah pelit bgt ckakakakak

    BalasHapus
  8. kayaknya google lebih familiar,walaupun kadang kejamnya minta ampun tapi sebenernya baik kok...

    Andy

    BalasHapus
  9. I know who will win ..
    this is my blog...
    hahahahaha....
    just kidding ^_^

    BalasHapus
  10. menurut saya goole yang akan leading alias the winner....but Heaven that knows!

    BalasHapus
  11. Google You are The Best

    BalasHapus
  12. Thanks For Comment

    BalasHapus

Hey Visitor Where Do You Come From ?


Apa Yang Ingin Anda Cari ???

Gtalk (Google Talk )