3 Agustus 2009

Loro jonggrang

Nama yang identik dengan nama salah satu arca di candi Prambanan ini telah menjadi suatu restoran yang cukup exclusive dan terkenal di Jakarta. Restoran ini terletak di jl. Cik Di Tiro no.4, Menteng, Jakarta Pusat. Restoran yang menjual suasana ini memiliki makanan khasnya yaitu soto ayam ta'kemplang, sate lilit ikan gianyar bali, ayam bakar lara djonggrang, dll.

Restoran yang menjual suasana ini memiliki beberapa ruang seperti ruang blitar, ada ruang buat kencan, ruang buat bar,dll. Tentu juga ada ruang Loro djonggrang yang mana ada replika Loro Djonggrang.

Ini sedikit cerita tentang Loro Djongrang. Dulu di daerah Prambanan ada 2 kerajaan yaitu Kerajaan Pengging dan Kraton Boko. Kerajaan Pengging adalah kerajaan yang makmur, raja arif dan memiliki pangeran yang bernama Bandung Bondowoso. Kraton boko dipimpin oleh raksasa dan kejam dan memiliki seorang putri cantik yang bernama Loro Djonggrang. Jadi tahu khan apa yang terjadi yaitu peperangan. Hingga Kerjaan Penging mendekati kehancuran akhirnya sang raja mengutus anaknya dan apa yang terjadi? Kraton Boko kalah dan Loro Donggrang ingin balas dendam. Disaat yang bersamaan Bondowoso ini naksir dengan Loro Djonggrang jadi dimamfaatkannya dengan disuruh membangun 1000 candi. Ketika hampir selesai Loro Djonggrang menggunakan akal bulusnya sehingga tak selesainya pembangunan candi tersebut dan Bondowoso sangatlah marah sehingga mengutuk Loro Djonggrang menjadi arca. btw untuk cerita selengkapnya cari di http://www.greatindonesia.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey Visitor Where Do You Come From ?


Apa Yang Ingin Anda Cari ???

Gtalk (Google Talk )