20 Juli 2009

Alkohol Picu Serangan Asam Urat

Mengkonsumsi alkohol, biarpun sedikit, terbukti dapat menyebabkan kambuhnya rasa nyeri akibat penyakit asam urat (gout).
"Tidak lama setelah mengkonsumsi alkohol, bahkan kurang dari 24 jam, timbul rasa nyeri akibat gout. Karena itu, pengindap asam urat harus menghindari alkohol," kata peneliti dari Boston University Yuqing Zhang kepada Reuters, Rabu (27/09/06).

Gout adalah radang sendi, yang kadang kambuh disertai rasa nyeri dan bengkak di persendian.

Meski sudah ada pengobatan yang efektif, banyak pasien gout masih mengalami rasa nyeri yang berulang.

Sudah lama alkohol dicurigai sebagai pemicu serangan gout, tapi selama ini belum ada tes untuk membuktikan hal tersebut.

Dalam studi terhadap 179 penderita asam urat, Zhang dan rekannya sesama peneliti mendapati konsumsi alkohol sekalipun hanya sedikit, dapat memicu kambuhnya asam urat.

Orang yang mengkonsumsi lima sampai enam jenis minuman beralkohol dalam 48 jam, memiliki kemungkinan mendapat serangan gout dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya.

Mereka yang mengkonsumsi tujuh atau lebih minuman beralkohol dalam jangka waktu dua hari, memiliki kemungkinan kambuh nyeri goutnya 2,5 kali lipat dibanding orang yang tidak minum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hey Visitor Where Do You Come From ?


Apa Yang Ingin Anda Cari ???

Gtalk (Google Talk )